BAB 11
KERAJAAN 1000 TAHUN
dan YERUSALEM BARU



A. Kerajaan 1000 Tahun dan Tujuannya :

1. Untuk menggenapi tiga perjanjian kepada manusia :
- Kepada Abraham ( Kej 12:1-7 )
- Kepada Daud ( II Taw 13:5 ; 2 Sam 7:12-16 )
- Perjanjian Baru ( Yer 31:31-34 ;Yes 42:6 )

2. Sebagai masa untuk menikmati upah orang-orang kudus yang saleh
( Maz 58:12 ; Yes 40:10 ; Amsal 11:18 ; Mat 5:12 ).

3. Untuk menebuskan alam semesta dari laknat
( Kej 3:17 ; Roma 8:19-22 ).

Masa perhentian dalam Alkitab melambangkan masa 1000 tahun.

Sifat Masa 1000 Tahun :

1. Iblis diikat ( Wahyu 20:1-3 )
2. Penebusan alam semesta dari laknat ( Yes 11:6-9 )
3. Orang-orang yang saleh akan bersekutu dan memerintah dengan Yesus atas bumi ( Wahyu 20:4-6 ; Zak 14:8-11 ).

Hal-hal yang penting yang mendahuluinya sebagai persiapan :

- Suatu Pasukan Kerajaan terdiri dari para malaikat (Mat 16:27 ; 25:31 ), Orang-orang Kudus yang mengalami Pengangkatan dipersiapkan sebagai Imam-imam dan Raja-raja ( Wahyu 1:6 ; 20:6 ) yang memang terlatih sejak kehidupan berjemaat ( 1 Petrus 2:9-10 ), Para martir yang sudah hidup kembali dan terangkat dipersiapkan sebagai Raja-raja ( Wahyu 20:4 ) yang dipimpin oleh Kristus sebagai Tuhan diatas segala tuan dan Raja diatas segala raja ( Wahyu 17:14, 19:16 ).

- Peristiwa bintang-bintang bergeser dan banyak yang jatuh, bulan menjadi darah dan matahari menjadi gelap ( Luk 21:25 ; Kis 2:19-20 ), di bumi ada darah, asap dan gumpalan-gumpalan api, laut bergelora, pulau bergeser, gempa bumi, hujan es, kota terbelah ( Wahyu 16:18 ), susunan atmosfer berubah.

- Kutuk Eden dicabut, kesakitan beranak hilang (Roma 8:19-23), duri dan onak hama penyakit dilenyapkan.

- Pemberontakan malaikat diakhiri :
Ketika Yesus dinobatkan menjadi Raja dan orang-orang kudus menjadi pembantunya. Terjadi dipertengahan 7 tahun malaikat diadili ( 1 Kor 6:3 ), malaikat Mikhael berperang dengan iblis dan malaikatnya, mereka dikalahkan dan dicampakkan ke bumi dan dibiarkan bertindak sekehendak hatinya ( Wahyu 12:7-12 ). Kemudian ditawan selama 1000 tahun oleh malaikat yang membawa kunci jurang maut dan rantai besar dan meterai ( Wahyu 20:1-3 ). Sehingga dalam Kerajaan 1000 tahun tidak ada iblis dan pengikutnya, antikristus dan pengikutnya juga lenyap.

- Seleksi Umat yang akan diperintah selama 1000 tahun :
Pada waktu Tuhan Yesus turun ke bumi, semua yang ikut perang Harmageddon akan mati dibunuh dengan pedang yang keluar dari mulut Kristus ( Wahyu 19:21 ) sesudah itu ia akan menyeleksi umatNya berdasarkan pelayanannya terhadap saudaraNya.

Dengan demikian nanti seluruh penduduk dunia akan bertekuk lutut menyembah kepada Yesus, mengaku bahwa Dia adalah Tuhan bagi kemuliaan Allah ( Fil 2:10 ). Setiap bangsa yang menolak Kristus dan pelayananNya, dihakimi dan dibuang ke neraka pada waktu Penghakiman Bangsa-bangsa ( Mat 25:21-26 ). Dalam masa Kerajaan 1000 tahun damai iblis diikat dan dilemparkan ke dalam jurang maut selama 1000 tahun ( Wahyu 20:2,3 ).

Dua tipe manusia yang akan mewarisi Kerajaan 1000 tahun Damai :

a. Umat Beriman :
Yaitu manusia di bumi yang masih hidup setelah Kedatangan Yesus. Mereka berhasil melewati masa antikristus serta masa Penghakiman Bangsa-bangsa, tetapi mereka masih dalam keadaan memakai tubuh biasa. Selama masa Kerajaan 1000 tahun orang-orang ini yang akan menghasilkan keturunan dan akan melahirkan anak-anak manusia dengan ras yang baru ( generasi manusia yang baru ). Sisa bangsa-bangsa yang hidup dengan tubuh biasa pada Kerajaan 1000 tahun adalah :

1. Sisa bangsa Israel yang lolos yang lari ke gunung Petra
( Mat 24:15-22 ; Zak 8:11-13 )
2. Bangsa-bangsa lain yang masih hidup lolos dari musibah bencana alam, sampar dan aniaya antikristus.
( Dan 12:12 ).
3. Bangsa-bangsa yang termasuk golongan domba dalam pengadilan bangsa-bangsa yang dilakukan oleh Yesus Kristus (Mat 25:31-46).

b. Umat dengan Tubuh Kebangkitan

Yaitu orang-orang kudus yang telah mengalami pengangkatan serta yang menjadi martir pada masa antikristus karena nama Yesus. Mereka akan datang bersama-sama dengan Kristus ke dalam dunia ini ( Wahyu 19:11-16 ). Mereka ini yang memakai tubuh kebangkitan. Tubuh kebangkitan yang tidak akan binasa dan tidak terikat oleh ruang dan waktu seperti tubuh Yesus yang telah bangkit dari kematian ( Luk 24:36 ; Yoh 20:19 ).

Ciri-ciri Tubuh Kebangkitan ( Luk 20:35-36 ) :

1. Tidak dapat kawin dan mengawinkan.
2. Tidak dapat mati lagi.
3. Memiliki tubuh seperti malaikat bahkan lebih lagi karena memiliki tubuh seperti Yesus ( Fil 3:21 ).
4. Mereka adalah anak-anak Allah.

B. Sistem Pemerintahan

Bukan sosialis atau komunis atau kapitalis atau pasar terbuka atau koperasi dan globalisasi tetapi bersifat Theokrasi :



1. Theokrasi

Pemerintahan yang adil manusiawi, super natural karena Kristus sebagai Tuhan diatas segala tuan dan Raja diatas segala raja.

Yang akan terjadi pada manusia yang hidup dalam kerajaan 1000 tahun yang diperintah oleh Yesus Kristus adalah :

a. Damai
Akan ada damai sejati di bumi ini pada masa kerajaan 1000 tahun karena Kristus adalah Raja Damai ( Yes 11:1-10 ).

" Dan Ia akan menjadi Hakim bagi bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas, bangsa-bangsa tidak lagi mengangkat pedang terhadap bangsa dan mereka tidak akan lagi belajar perang ( Yes 2:4 ; Yoel 3:10 ).

Banyak pemimpin bangsa memimpikan hal ini tetapi tidak pernah terwujud sampai digenapi oleh Yesus sendiri.

b. Kemakmuran

" Padang gurun dan padang kering akan bergirang, padang belantara akan bersorak-sorak dan berbunga seperti bunga mawar, ia akan berbunga lebat akan bersorak sorai. Kemuliaan Libanon akan diberikan kepadanya, semark Karmel dan Saron, mereka itu akan melihat kemuliaan Tuhan, semarak Allah kita ( Yes 35:1-2 ).

c. Kesejahteraan

Dalam pemerintahan Yesus Kristus terjadi suatu Sistem Perekonomian yang sempurna.

" Mereka akan mendirikan rumah-rumah dan mendiaminya juga, mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan memakan buahnya juga. Mereka tidak akan mendirikan sesuatu supaya orang lain mendiaminya dan mereka akan menanam sesuatu supaya orang lain memakan buahnya . "
( Yes 65:21,22 ).

d. Kesehatan dan Umur Panjang

Penyakit dan kematian dilenyapkan.

" Pada waktu itu orang-orang tuli akan mendengar ( Yes 29:18 ; 35:5-6 ), ... " Tidak seorangpun yang tinggal disitu akan berkata aku sakit dan semua penduduknya akan diampuni kesalahannya ( Yes 33:24 ).

e. Reproduksi

Penduduk dunia yang hidup pada masa 1000 tahun Damai dengan tubuh biasa akan berkembang biak sama seperti pada saat ini untuk menambah populasi manusia dan umurnya dapat mencapai 1000 tahun ( Yes 65:20 ).

f. Bahasa Manusia menjadi satu, mereka tidak akan mengucapkan nama Tuhan dengan salah atau sia-sia.

" tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa yakni bibir yang bersih supaya bangsa sekaliannya mereka akan memangil nama Tuhan, beribadah kepadaNya dengan bahu membahu ... ( Zef 3:9 ).

g. Sukacita

Sukacita yang sebenarnya akan terjadi karena tidak ada peperangan, tidak ada lagi orang di bumi yang merasakan penderitaan.
" Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring disamping kambing, anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama dan seorang anak kecil akan menggiringnya. Lembu dan beruang akan bersama-sama makan rumput dan anaknya akan bersama-sama berbaring sedang singa akan makan jerami seperti lembu. "
( Yes 11:6-9 ).
h. Tuhan Hadir Bersama UmatNya

Inilah masanya dimana kita dapat berhubungan langsung kepada Allah dan menikmati kehadiranNya.

" Tempat kediamanKu akan ada pada mereka dan aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu ( Yeh 37:27 ). Yesus Kristus akan ada bersama-sama dengan manusia dan Dia akan menjadi Allah mereka ( Wahyu 12:3 ).

2. Pembagian Tugas :

Orang-orang kudus ( yang mendapatkan bagian dalam pembangkitan pertama ) membantu Kristus sebagai imam dan raja. Orang kudus tersebut dalam keadaan supernatural dengan tubuh rohani ( seperti tubuh Kristus ketika ia bangkit dari kematian ).

" yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini sehingga serupa dengan tubuhNya yang mulia, menurut kuasaNya yang dapat menaklukkan segala sesuatu pada diriNya. " ( Fil 3:21 ).

3. Tata Laksana dan Disiplin :

Pemerintahan dijalankan dengan tongkat kewibawaan atau tongkat besi ( Wahyu 2:27 ). Untuk memantapkan pemulihan seperti yang diadakan Tuhan sendiri yaitu memberi hati baru kepada manusia ( Yeh 32:24-28 ).

Yerusalem menjadi pusat teladan dan penyembahan.
Pusat pemerintahan di Israel. Pemerintahan dijalankan untuk melakukan kehendak Allah dan memuliakan namaNya.
( Yes 66:18,19 ; Zak 14:8 ; Yeh 47 ).

4. Rakyat yang diperintah :

a. Masih seperti manusia sekarang.
b. Umurnya bertambah panjang dari generasi ke generasi secara cepat, pengaruh ekosistem baru, kemakmuran, suka cita dan penyembahan kepada tuhan (Yes 65:20).
c. Hati semua diganti baru dan mengutamakan mencari Tuhan.
( Zak 8:20-22 ).
d. Pada akhir 1000 tahun, iblis akan dilepas untuk seketika mencoba menyesatkan bangsa-banga ( Wahyu 20:3b ; 7-10 ).

5. Pertanian :

Ditunjang oleh pengaturan musim yang baik tidak adanya hama, kesuburan tanah dan teknologi.

a. Daerah percontohan dari pesisir Laut Tengah, Laut Mati sampai sungai Efrat dari Hermon sampai Araba Yordan.
b. Pabrik senjata diganti dengan pabrik alat pertanian atau alat produksi.
c. Musim panen dan musim menggarap bersinambungan
( Amos 9:13 ).
d. Teknologi pasca panen dan industri susu
( Yoel 3:16 ).
e. Tidak ada hama, semak duri diganti dengan pohon sanobar, kecubung diganti dengan pohon murad.
( Yes 55:13 ).
g. Musim hujan yang cukup, tidak terlalu banyak, tidak kurang ( Yeh 34:26 ).

6. Kesehatan dan Gizi

a. Penyembuhan sempurna bagi mereka yang cacat dan sakit ( Yes 35:5-6 )
b.Begitu melimpahnya gizi dan keseimbangan ekosistem sehingga binatang buas menjadi jinak
( Yes 11:6-9 ).

C. Kapan Kerajaan 1000 tahun berdiri ?

Kerajaan 1000 tahun Damai sebentar lagi akan didirikan dibumi ini, Yesus akan menjadi Raja segala raja dan akan memerintah bumi ini dan kota Yerusalem adalah ibukota pemerintahannNya ( Zak 14:16 ).

D. Yerusalem Baru

Terjadinya Yerusalem Baru :

1. Datangnya Yerusalem baru didahului oleh lenyapnya langit dan bumi ( 2 Pet 3:12-13 ) "... Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya " ( KIAMAT ), semua rancangan penyelamatan sudah selesai maka turunlah Yerusalem yang baru yang berasal langsung dari Allah, begitu indah bagaikan pengantin yang berdandan bagi suaminya. Maka terjadilah pentahbisan Yerusalem Baru dengan perkataan, " Lihatlah kemah Allah ada ditengah-tengah manusia. Mereka akan menjadi umatNya dan ia akan menjadi Allah mereka ." ( Wahyu 21:3 ).

2. Berakhirnya Tugas Yesus baik sebagai Imam Besar yang duduk disebelah kanan BapaNya dan sebagai Raja dalam Kerajaan 1000 tahun sebab musuh yang terakhir sudah dikalahkan yaitu maut.

" Dan Ia akan menghapus air mata mereka dan maut tidak akan ada lagi, tidak akan ada lagi perkabungan atau ratap tangis atau duka cita sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu. " ( Wahyu 21:4 ).

" Duduklah disebelah kananKu sampai Kubuat musuh-musuhMu menjadi tumpuan kakiMu. " ( Ibrani 1:13b ).

" Karena Ia harus memegang pmerintahan sebagai Raja sampai Allah melenyapkan semua musuhNya dibawah kakiNya. Musuh yang terakhir yang dibinasakan ialah maut. " ( 1 Kor 15:25-26 ).

Jadi dalam Yerusalem Baru, Yesus bukan lagi Imam atau Raja melainkan Yesus adalah Allah dan umatNya adalah anakNya. " ( Wahyu 21:7 ).

Struktur dari Yerusalem :

Yerusalem Baru dalam langit dan bumi menjadi tempat kediaman Allah dan umatNya.

Ciri-cirinya :

1. Tidak ada Bait Suci sebab Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa adalah Bait SuciNya demikian juga Anak Domba itu Bait SuciNya ( Wahyu 21:22 ).

2. Demikian mulianya kota itu sebab Allah sendiri adalah matahariNya dan Anak Domba adalah lampunya .
( Wahyu 21:23 ).

3. Penyembahan masih tetap berlaku
" ... dan bangsa-bangsa akan berjalan di dalam cahayaNya dan Raja-raja di bumi membawa kekayaan kepadaNya. " ( Wahyu 21:24 ). " ... dan kekayaan dan hormat bangsa-bangsa akan dibawa kepadaNya. " ( Wahyu 21:26 ).

4. Moral umat manusia begitu sempurna sehingga tidak akan ada lagi dosa atau penyelewengan.

" ... tetapi tidak akan masuk kedalamnya sesuatu yang najis atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam Kitab Kehidupan Anak Domba Allah. " ( Wahyu 21:27 ).

5. Adanya persekutuan yang sempurna antara Allah dengan pengantinNya ( Wahyu 22:17 ).

6. Di dalamnya penuh keindahan, kehidupan (Wahyu 22:1), sukacita, ketertiban, kekekalan.

7. Semuanya serba baru :
Langit dan bumi baru ( Wahyu 21:1 )
Kota Yerusalem Baru ( Wahyu 21:2 )
Manusia Baru ( Wahyu 21:3 )
Bait Suci baru ( Wahyu 21:22 )

Puncak daru Yerusalem Baru adalah pemerintahan yang sempurna. " Tuhan Allah akan menerangi mereka dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya ( Wahyu 22:5b ).