KATA PENGANTAR


Perlu kiranya diketengahkan disini suatu ayat yang mungkin menjadi batu sandungan dalam mengkaji Nubuatan Akhir Zaman, bahkan sampai menghentikan proses pengungkapan rahasia Allah yang penting. Ayat tersebut mengatakan : " tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di Surga tidak dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri." ( Matius 24:36 ; 25:12, Markus 13:32 ).

Ada 2 kebenaran yang perlu disoroti, sehingga menjadi lebih jelas bagi kita :

1. Perkataan "tahu" dalam bahasa Yunaninya dipakai kata oide bukan ginosko, sehingga kalau ingin mendapatkan makna yang asli, ayat itu harus diterjemahkan : " tak seorang pun yang tahu secara langsung tanpa suatu usaha, " jadi untuk mengetahuinya, diperlukan suatu usaha.
Mencari tahun, bulan, hari bahkan saat kedatangan Tuhan ternyata menyangkut banyak aspek kehidupan, kekudusan hidup dalam bimbingan Roh Kudus, mempraktekkan hidup berjemaat, mengkaji seluruh Alkitab, pengenalan sejarah, situasi dan kejadian di dunia, pendapat para pakar terutama harus peka mengikuti bimbingan Roh Kudus dan penerimaan hikmat serta Wahyu Allah. Pengetahuan tentang Akhir Zaman penting terutama untuk keperluan strategi pelayanan walaupun dimensi waktu dibatasi oleh hari dan saat seperti dijelaskan berikut ini.

2. Yang di bawa ke permukaan oleh Tuhan terutama hari dan saat sehingga tahun dan bulannya tidak dimeteraikan tetapi untuk di kaji ( " Jangan meteraikan perkatan-perkataan nubuat dari kitab ini, sebab waktunya sudah dekat. " ) ( Wahyu 22:10 ).

Kita bedakan antara tahun dan bulan dengan hari dan saat :

a. Tahun dan bulan berhubungan dengan proses pemulihan yang panjangnya berabad-abad, 6000 sampai 7000 tahun. Pada zaman Daniel masih dimeteraikan tetapi pada Akhir Zaman dibukakan untuk dikaji (Dan 12:9-10, " Pergilah, Daniel, sebab Firman ini akan tinggal tersembunyi sampai Akhir Zaman. Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang fasik akan berlaku fasik, tidak seorang pun dari orang fasik itu akan memahaminya tetapi orang yang bijaksana akan memahaminya.")

b. Hari dan saat berhubungan dengan Pengangkatan. Hari berhubungan dengan kebangkitan orang mati serta saat berhubungan dengan pengubahan tubuh jasmani menjadi tubuh rohani menuju Pengangkatan yang berlaku seperti kilat memancar dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.
( Luk 17:24 ).

Jadi hari dan saatnya lebih dirahasiakan lagi dan dimeteraikan menjadi hak Bapa untuk menentukannya sampai saat-saat terakhir akan diberitahukan kepada orang-orang pilihanNya. ( Amos 3:7, " Sungguh, Tuhan Allah tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusanNya kepada hamba-hambaNya, para nabi. ", " Sebab pada waktu tanda diberi yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi ... Tuhan sendiri akan turun dari Surga ... " mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit. " ( 1 Tes 4:16 ).

Itulah sebabnya Yesus Kristus memberi perintah supaya, " berdoa dan berjaga-jaga senantiasa. " Apakah Tuhan datang menjelang malam atau tengah malam atau larut malam atau pagi-pagi buta ... kita siap.( Markus 13:35, 1 Tes 5:6)

Kita dikaruniai waktu yang penting penuh kewaspadaan tetapi cukup untuk mempersiapkan Generasi terakhir. " Jadi betapa suci dan salehnya kamu harus hidup, yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat Kedatangan Hari Tuhan. "
( 2 Pet 3:11-12 ).



Penulis