BAB 4
ZAMAN BANGSA-BANGSA


Untuk mempelajari Akhir Zaman, kita harus mempelajari nubuatan yang terdapat dalam Kitab Daniel dan Wahyu.

Salah satu tanda yang diberikan Tuhan dalam melihat keadaan zaman adalah melalui nubuatan tentang bangsa-bangsa dalam Alkitab.

Catatan : Daniel dalam penglihatannya hanya melihat tentang zaman yang berkaitan dengan Israel, dia tidak melihat zaman anugerah Gereja.

Dalam Daniel pasal 1 diceritakan bahwa tahun pemerintahan Nebukadnezar, Raja Babel, kota Yerusalem dikepung dan Bait Allah dihancurkan. Sebagian orang Israel diangkut ke Babel dan dibawa ke dalam pembuangan. Diantara mereka yang terbuang terdapat orang Israel yang terpilih untuk bekerja di istana raja, yaitu Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Mereka menguduskan hidupnya bagi Tuhan ( Dan 18 ). Mereka dikaruniai pengetahuan, kepandaian tentang pelbagai macam tulisan dan hikmat, sedangkan Daniel juga mempunyai pengertian tentang pelbagai penglihatan dan mimpi ( Dan 1 : 17 ).

Daniel sampai tahun tuanya tetap dipercaya untuk bekerja di istana raja dan tetap mempunyai kedudukan tinggi.

Daniel zaman Nebukadnezar ( Babel, Daniel 1-4 )
Daniel zaman Belsyazar ( Babel, Daniel 5,7,8 )
Daniel zaman Darius ( Media, Daniel 6,9 )
Daniel zaman Koresy ( Persia, Daniel 10 )

A. Mimpi Nebukadnezar ( Daniel 2:1-49 )

Pada tahun kedua pemerintahan Kerajaan Babel, Raja Nebukadnezar bermimpi dan memanggil orang-orang berilmu, ahli jampi, ahli sihir dan para Kasdim ( orang terpelajar, berpengetahuan tinggi, juru bicara di istana raja ) untuk memberitahukan mimpi raja dan maknanya.
Tetapi mereka tidak dapat menceritakan mimpi dan artinya sehingga raja mengeluarkan perintah untuk membunuh semua orang bijaksana di negeri itu termasuk Daniel dan teman-temannya terancam terbunuh ( Dan 2:13 ).

Daniel meminta waktu dan berdoa kepada Allah karena ia tahu hanya Allah saja yang sapat menyingkapkan mimpi dan arti mimpi raja. Allah mendengar doa Daniel dan menyingkapkannya kepada Daniel dalam suatu penglihatan malam ( Dan 2 : 19 ).

Daniel menjelaskan bahwa Raja Nebukadnezar bermimpi karena sedang memikirkan masa depan, mengenai apa yang akan terjadi di kemudian hari ( Dan 2:29a ) dan Allah memberikan mimpi tentang Zaman Bangsa-Bangsa.

Zaman Bangsa-Bangsa membahas tentang Akhir Zaman yang menggambarkan penggenapan penjajahan Israel dan Yerusalem yang akan diduduki bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.
( Lukas 21:24 ).

Sejak kematian Raja Salomo, Israel terpecah dua menjadi Israel Utara dan Selatan ( 1 Raja 11:11-13 ). Pada tahun 721 sM Israel Utara ditawan bangsa Asyur dan sementara Israel Selatan dibuang ke Babel tahun 605 sM.

Raja bermimpi melihat sebuah patung yang amat besar, patung itu tinggi, berkilau-kilauan luar biasa, tegak di hadapan raja Nebukadnezar dan tampak dahsyat. Patung itu berkepala emas, berdada lengan perak, pinggang tembaga, paha besi dan kaki besi campur tanah liat ( Dan 2:31-32 ).

Dari hikmat Tuhan kepada Daniel, dijelaskan bahwa bentuk patung dan artinya sebagai berikut :

1. Kepalanya dari emas tua, menggambarkan Kerajaan Babel ( ayat 38 ), terjadi tahun 605 sM dipimpin raja Nebukadnezar.
2. Dada dan lengan dari perak menggambarkan kerajaan Media Persia ( ayat 39 ), terjadi tahun 539 sM dipimpin raja Darius.
3. Perut dan pinggang dari tembaga menggambarkan kerajaan Yunani ( ayat 39 ) terjadi tahun 331 sM dipimpin raja Alexander Agung dan keempat jendralnya.
4. Paha dari besi menggambarkan kerajaan Romawi Barat dan Romawi Timur ( ayat 40 ) terjadi tahun 64 sM dipimpin banyak raja / kaisar.
5. Kaki dan jari-jarinya sebagian dari besi dan sebagian dari tanah liat. Jari kaki berjumlah 10 menggambarkan Kerajaan Roma baru yang akan terdiri dari sepuluh negara ( ayat 41-43 ) dipimpin antikristus.

Pada masa kerajaan itu akan " terungkit lepas sebuah batu yang tidak dikerjakan oleh manusia dan menimpa patung tersebut sampai remuk dan sekaligus diremukkannyalah juga besi, tanah liat, tembaga, perak dan emas, semua menjadi seperti sekam ... terhembus tidak ada bekasnya dan batu itu menjadi gunung besar dan memenuhi seluruh bumi " ( Dan 2:34-35 ).

Batu itu adalah Tuhan Yesus. Di dalam 1 Petrus 2:6-7, Tuhan Yesus adalah batu penjuru bagi orang-orang percaya dan menjadi batu sentuhan menghantam bangsa-bangsa. Batu sandungan menggambarkan orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus.

Sejarah membuktikan bahwa kerajaan Babilonia dikalahkan kerajaan Media Persia kemudian kerajaan Yunani mengalahkan kerajaan kembar tersebut. Romawi yang mengalahkan Yunani tidak terkalahkan sampai akhirnya hilang sendiri ( Why 17:8a ). Tetapi pada akhir zaman Romawi akan muncul kembali menjadi kekuatan baru dan sangat kuat.

Dari gambaran patung tersebut dapat ditarik beberapa informasi bagi kita yaitu :

Logam emas menggambarkan "moralitas yang masih baik".

Raja Nebukadnezar digambarkan diberi hati manusia karena masih mau memuja Allah ( Dan 4:34-37 ; 7 :4 ). Pada masa-masa berikutnya moralitas akan mengalami penurunan seperti nilai emas yang merosot menjadi perak, tembaga, besi sampai pada akhirnya yaitu tahun Kerajaan Romawi Baru moralitas manusia mencapai kondisi yang sangat buruk. Besi yang bercampur dengan tanah liat menggambar kawin campur yang menunjukkan perzinahan, percabulan, kenajisan menjadi sangat dominan pada tahun itu ( perhatikan dengan tahun ini !!! ).

B. Penglihatan Daniel yang Pertama ( Daniel 7:1-8 )

Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat peglihatan-penglihatan di tempat tidurnya. Penglihatannya mengenai empat binatang dan Anak Manusia.

Empat binatang adalah empat raja yang akan muncul dari dalam bumi ( Dan 7:17 ).

Dalam kitab Daniel 7 ini, gambaran Zaman Bangsa-Bangsa lebih ditegaskan lagi melalui mimpi Daniel yang tafsirannya sama dengan mimpi Nebukadnezar yaitu gambaran urutan pemerintahan kerajaan besar dunia.

Dalam ayat 2 disebutkan keempat angin mengguncangkan laut besar. Angin berarti kuasa rencana Allah ( Yunus 1 : 4 ; Kej 8 : 1 0 ).

Laut Besar adalah Laut Tengah dan laut ini terletak di Eropa.

Penglihatan pertama : singa bersayap burung rajawali (ayat 4) dimana kalau kita berkunjung di istana Babel kuno akan ditemukan patung yang menyerupai singa bersayap burung rajawali. Ini adalah lambang Kerajaan Babel.

Penglihatan kedua : beruang berdiri pada sisinya yang sebelah dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya ( ayat 5 ). Arti beruang berdiri pada sisi yang sebelah adalah kerajaan kembar Media dan Persia yang pernah bersatu menjadi tidak berimbang kekuatannya dan kemudian Persia menjadi lebih kuat dari Media. Tiga tulang rusuk dalam mulutnya berarti ada 3 kerajaan yang pernah dikalahkan yaitu : Babel, Libia dan Mesir.

Penglihatan ketiga : macan tutul berkepala 4 dan mempunyai 4 sayap burung pada punggungnya. Artinya : Raja Alexander Agung dari Yunani dengan 4 orang Jendralnya yang selalu mengikutinya menduduki 4 kerajaan lainnya dengan cepat sekali (macam tutul lari cepat ditambah sayap semakin menajdi cepat). Di mana 4 kerajaan yang ditaklukkan adalah Siria ( Utara ), Mesir ( Selatan ), Turki ( Timur ), Yunani ( Barat ).

Penglihatan keempat : binatang bertanduk 10 artinya kerajaan Romawi II ( Roma baru ) yang akan muncul di Akhir Zaman ( Dan 7:7-8 ) dengan ciri-ciri menakutkan, mendahsyatkan sangat kuat, bergigi besar dari besi, melahap, meremukkan, menginjak-injak sisanya dengan kakinya, kukunya dari tembaga ( ayat 19 ). Diantara tanduk-tanduk tumbuh satu tanduk lain yang kecil sehingga tiga dari tanduk-tanduk terdahulu tercabut.

C. Penglihatan Daniel yang Kedua ( Dan 8:1-27 )

Manusia dalam kehidupannya selalu ingin mencari tahu apa yang akan terjadi pada tahun mendatang. Mereka mendatangi juru ramal, orang pintar, mempelajari perbintangan walaupun pasti tidak pernah mereka temukan. Kalaupun ramalannya mendekati kebenaran, juru ramal mungkin hanya menunjukkan suatu peristiwa yang mungkin hanya menunjukkan suatu peristiwa yang mungkin akan terjadi tanpa menyebutkan nama orang atau negara yang terlibat.

Alkitab adalah buku informasi yang selalu tepat dan dapat memberitahukan segala sesuatu yang akan terjadi. Setiap nubuatan yang ada di dalam Alkitab digenapi satu persatu sehingga membuktikan bahwa Alkitab adalah buku satu-satunya yang berisi Firman Allah yang hidup dan penuh kuasa.

Dalam kitab Daniel gambaran zaman bangsa-bangsa lebih terperinci lagi. Dalam kitab ini tidak hanya diberikan gambaran sesudah Babel tetapi dengan tegas disebutkan nama Kerajaan yang berkuasa setelah Kerajaan Babel yaitu Kerajaan Media Persia ( Dan 8:20 ) dan Kerajaan Yunani ( Dan 8:21 ).

Penglihatan pertama, Daniel melihat seekor domba jantan berdiri di tepi sungai, tanduknya dua dan kedua tanduk itu tinggi tetapi yang satu lebih tinggi dari yang lain dan yang tinggi tumbuh terakhir. Domba jantan itu menanduk ke Barat, Utara dan Selatan ( ayat 3,4 ).

Artinya domba jantan bertanduk 2 adalah gambaran raja-raja kerajaan kembar Media dan Persia yang pernah bersatu dimana mulanya Media merupakan kerajaan besar tetapi akhirnya Persia lebih kuat dari Media.

Domba jantan menanduk ke 3 mata angin artinya kerajaan ini mengalahkan negara Libia ( Barat ), Mesir ( Selatan ) dan Babel ( Utara ).

Penglihatan kedua, Daniel melihat kambing jantan datang dari sebelah Barat melintasi seluruh bumi tanpa menginjak tanah dan kambing jantan itu mempunyai satu tanduk yang aneh diantara kedua matanya ... tetapi ketika ia mencapai puncak kuasanya patahlah tanduk yang besar itu lalau pada tempatnya tumbuh empat tanduk yang besar itu, lalu pada tempatnya tumbuh empat tanduk yang aneh sejajar dengan keempat mata angin yang dari langit ( ayat 5-8 ).

Kambing jantan datang dari sebelah Barat adalah gambaran negara Yunani. Melintasi bumi tanpa menginjak tanah artinya menaklukkan dengan sangat cepat.

Tanduk yang aneh diantara kedua matanya ( ayat 5 ) artinya adalah raja yang pertama yaitu Alexander Agung ( ayat 21 ). Empat tanduk ( ayat 8 ) artinya 4 Jendral yang membantu Alexander Agung.

Ketika Raja Alexander meninggal ( tanduk besar patah ) maka tumbuh 4 tanduk aneh yang sejajar dengan keempat mata angin yang berarti keempat Jenderal mengambil alih kekuasaan dan masing-masing memimpin setiap kerajaan yang di jajah.

Keempat Jenderal tersebut adalah :
1. Seleucus ( Utara yaitu Syria )
2. Ptolemy ( Selatan yaitu Mesir )
3. Lysimachus ( Barat yaitu Yunani )
4. Casander ( Timur yaitu Macedonia )

Sebetulnya ada jenderal kelima yaitu Antigous tetapi terbunuh. Firman Allah digenapi tetap 4 Jendral ( 4 tanduk kecil sejajar ) yang memimpin pecahan kerajaan Yunani.

D. Kerajaan Romawi Baru segera muncul

Dari seluruh nubuatan Firman Allah yang kita pelajari diatas kita lihat bahwa Allah 3 kali menjelaskan tentang Zaman Bangsa-bangsa. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya umat Allah mengetahui hal Zaman Bangsa-bangsa dan mengetahui saat ini berada pada tahun apa, yaitu tahun dimana Tuhan Yesus akan segera kembali.

Beberapa catatan penting yang harus diperhatikan berkaitan dengan bangsa-bangsa ini adalah :

1. Keempat bangsa yang dinubuatkan selalu menjajah Israel ( pada tahun Daniel, Israel dijajah Babel dan Media Persia, pada tahun Tuhan Yesus di bumi Israel dijajah Romawi maka kerajaan kelima ( kerajaan 10 tanduk / federasi ) pasti akan menjajah Israel juga.

2. Keempat bangsa tersebut selalu menguasai seluruh dunia baik dalam ideologi, politik, ekonomi sampai budaya. Kerajaan kelima Romawi barupun akan menguasai seluruh dunia bahkan sangat kuat juga semua kerajaan yang dilihat dalam mimpi itu besar dan mempengaruhi dunai melalui agama Babel, bangsa Yunani mempengaruhi dunia melalui Filsafat dan ilmu pengetahuannya dan bangsa Romawi mempengaruhi dunia melalui persenjataannya, teknologi perangnya. Kerajaan terakhir ( 10 jari kaki ) pasti juga akan menguasai dunia.

3. Semua kerajaan muncul dari sekitar Laut Tengah ( Dan 7:2 ). Maka kerajaan kelima Romawi Baru pasti juga akan muncul dari sekitar Laut tengah ( Wahyu 13 : 1 ).

Dilihat dari pergeserannya :
a. Babilonia menduduki tanah sekitar negara Irak.
b. Media Persia menduduki tanah sekitar Turki - Uran.
c. Yunani menduduki tanah sekitar Yunani.
d. Romawi menduduki tanah sekitar Italia dan sebagian Eropa Timur.

Seluruh kerajaan besar tersebut bergeser dari Tenggara ke arah Barat maka Kerajaan kelima yaitu Romawi Baru pasti akan menduduki daerah daratan Eropa saat ini.

Penglihatan Daniel dalam kitab Dan 7:7-8 ternyata sama dengan penglihatan Yohanes di pulau Patmos dalam Wahyu 13:1-2, waktu antara zaman Daniel dan Yohanes adalah 700 tahun tetapi penglihatannya sama. Ini membuktikan Alkitab adalah Firman Allah yang hidup, sumber segala ilham karena bersumber daripada Roh Allah yang sama.

Dalam Wahyu 13:1 disebutkan bahwa Yohanes melihat suatu binatang muncul dari dalam laut. Ketika Yohanes mendapat penglihatan ini, dia berada di pulau Patmos dan pulau tersebut berada di Laut Tengah. Binatang adalah gambaran antikristus. Bertanduk 10 sama dengan 10 tanduk yang dilihat oleh Daniel maupun gambaran 10 jari kaki yang dilihat raja Nebukadnezar. Kerajaan 10 negara dan kesepuluh itu bersatu membentuk Federasi 10 negara dan posisinya berada di Eropa. Apakah ini berarti Eropa harus bersatu ? Bagaimana cara mempersatukan negara-negara di Eropa ?

Adalah suatu hal yang mustahil bila negara-negara industri maju di Eropa bersatu karena kebanggaan suatu negera terletak pada kedaulatannya. Memepersatukan Eropa juga berarti mempersatukan ekonomi tiap negara. Hal ini mustahil dilakukan karena Inggris, Perancis dan Jerman yang sudah sangat maju ekonominya tidak akan mau menyerahkan kekayaannya untuk mendukung negara lain yang lemah apalagi kalau mata uangnya disatukan pasti akan ada pihak yang sangat dirugikan dan yang paling dirugikan adalah negara yang sudah kaya.

Penyatuan ini juga berarti penyatuan sosial dan budaya yang memerlukan waktu yang lama untuk tiap negara dapat menerima satu sama lain. Tetapi Firman Allah harus digenapi.

Siapakah negara 10 tanduk ini ? sudah adakah negara ini ? Firman Allah segera digenapi dan sudah digenapi ! Kerajaan itu segera muncul ! Pada tahun 1949, 1 tahun setelah Israel merdeka pada tahun 1948 di Eropa berdiri suatu organisasi yang bernama Council of Europe ( Dewan Eropa )
Tiga tahun kemudian 1951 berdirilah European Coal and Steel Community yang didirikan oleh 6 negara industri yaitu Belgia, Perancis, Italy, Luxemburg, Belanda dan Jerman Barat. Keenam negara ini merancangkan suatu zona ekonomi di Eropa.

Pada tahun 1957 pada saat terjadi konflik Arab dengan Israel yang memperebutkan Jalur Gaza, di Roma berdiri suatu organisasi baru yang bernama European Economic Community ( Masyarakat Ekonomi Eropa, MEE ) dan yang kemudian berkembang menjadi wadah pertemuan ekslusif dan terhormat.

Pada tahun 1967 pada saat terjadi perang 6 hari di Timur Tengah ( Israel merebut Yerusalem ), MEE membentuk European Common Market ( Pasar Tunggal Eropa ).

Tanggal 1 Januari 1973, Denmark, Irlandia dan Inggris menjadi anggota baru kelompok ini yaitu pada saat di Timur Tengah terjadi perang Yom Kippur di Israel.

Tahun 1979 diperkenalkan mata uang ECU ( European Currency Unit ) yang kelak dijadikan mata uang yang berlaku untuk seluruh negara Eropa, sekarang menjadi mata uang Euro.

Pada bulan Juli 1979 Parlemen Eropa dibentuk dan disahkan pada bulan Januari 1980.

Tanggal 1 Januari 1981, Yunani resmi menjadi anggota baru MEE. Tahun 1986 Spanyol dan Portugal bergabung dengan MEE. Sampai tahun 1991 saat sudah ada 12 negara Eropa yang bersatu dan telah ditetapkan tahun 1992 Eropa Serikat akan remi berdiri menjadi satu kekuatan baru di dunia !!!

Turki dan Austria sampai saat ini masih melakukan pendekatan untuk dapat menjadi anggota dan salah satunya kemungkinan akan menjadi anggota ke tiga belas.

Alkitab menyatakan ada 10 negara. Negara manakah yang melebur jadi satu ? Apakah dapat beberapa negara dilebur jadi satu ?

Pada akhir tahun 1989 negara-negara komunis di Eropa Timur bergolak dan menjadi negara demokrasi. Dimulai dari Polandia dan tarakhir Rumania. Saat ini akan lebih banyak lagi negara-negara yang melepaskan diri dari kekuatan komunis.

Peristiwa hancurnya kekuatan komunis di Eropa Timur lebih menimbulkan runtuhnya tembok Berlin yang berakhir dengan penyatuan Jerman Barat dan Jerman Timur. Semua terjadi makin cepat pada tahun-tahun terakhir.

Kita saat ini hidup dalam tahun yang menakjubkan dimana kita akan melihat Eropa bersatu dan penggenapan akan Firman Tuhan.

Bersatunya Jerman memungkinkan negara-negara lain dapat bersatu. Saat ini negara Belanda, Luxemburg dan Belgia sudah dapat dikatakan bersatu karena merupakan satu rumpun. Hal ini dapat dilihat bila kita mendapat kesempatan untuk keliling Eropa untuk menjalani trayek antar kota di ketiga negara tersebut tidak ada pengawasan khusus dan dalam melakukan perjalanan dinas maupun bisnis dapat dilakukan dengan bebas seperti kita bepergian dari Jakarta ke Jawa Barat bahkan sampai Jawa Timur !!! Tidak ada lagi pembatas ketiga negara tersebut sehingga praktis saat ini sudah terbentuk sepuluh negara yang dinubuatkan oleh Daniel 2500 tahun yang lalu.

Turki diperkirakan tidak akan masuk dalam jajaran Eropa Serikat karena di dalam Yeh 38:6 telah dinubuatkan bahwa orang Bet-Togarma ( Turki ) akan bergabung dengan Rusia melawan Israel.

Jadi kemungkinan besar Austria akan diterima masuk ke dalam jajaran 10 negara Eropa Serikat. Kesan cukup kuat menunjukkan bahwa masuknya negara Austria ke dalam wadah Eropa Serikat untuk menggenapi Firman Allah yaitu munculnya tanduk kecil yang akan mengalahkan tiga tanduk yang lainnya ( Dan 7:8 ).

Di kota Roma ( tempat pertemuan Club of Rome, tempat berdirinya MEE ) dapat ditemui lambang kebesaran Romawi berbentuk burung Phoenix dan pada dada burung ini tertulis angka 10. Jadi kerajaan Eropa Serikat ( Romawi Baru ) pasti tetap berjumlah 10 negara.

Dari pembahasan Daniel 9:27 dinubuatkan bahwa kepala negara Eropa Serikat pasti antikristus, Raja yang akan mebuat perjanjian 7 tahun terutama dengan Israel sampai akhirnya Israel yang diajak kerja sama akan dijajah ( dihentikan korban santapan ).

MEE saat ini sudah memiliki kantor pusat pemerintahan di Brussel ibu kota Belgia dan mereka menggunakan gedung berbentuk salib patah yang terbalik ( lambang Peace ) milik Dinasty Rotchilds.

Melalui lambang tersebut kelompok ini diharapkan Eropa dapat mewujudkan perdamaian dan hal ini membawa angin segar bagi seluruh penduduk dunia.

Lambang Peace yang saat ini digandrungi anak muda sebagai lambang metal sesungguhnya adalah lambang setan. Lambang ini menghina Tuhan Yesus karena digambarkan sebagai salib terbalik dan dipatahkan kayu-kayunya sebagai gambaran ejekan kegagalan Yesus di kayu salib (The Broken Cross ).

Apakah perdamaian yang mereka wujudkan akan berhasil ? Ya, pasti berhasil untuk sesaat karena ini adalah tanda menjelang pengangkatan Gereja Tuhan dari muka bumi.

Dalam 1 Tes 5:1-4 disebutkan " Pada saat mereka mengatakan aman dan damai !!! Tuhan Yesus akan datang. " Bagi orang yang tidak siap sedia, Kedatangan Tuhan Yesus di awan-awan akan seperti pencuri dan mereka akan ditimpa kebinasaan karena kalau kita tidak diangkat mereka akan mengalami 21 murka Allah dan dianiaya oleh antikristus.

Janji Allah di ayat 4 : bagi anak-anak terang kedatangan Tuhan tidak akan sebagai pencuri, kita semua akan dapat mengantisipasinya walaupun peristiwanya akan mendadak dan tidak diduga sama sekali.

Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali akan diawali dengan pengangkatan orang percaya ( 1 Tes 4:16-17 ) untuk mengamankan umatnya dari tahun kesusahan besar dan antikristus ( 1 Tes 5:9 ).

Nubuatan dan berita Akhir Zaman saat ini semakin ramai diberitakan. Di berbagai tempat Tuhan banyak memakai jemaatnya bernubuat tentang kedatanganNya yang semakin dekat.

Alkitab memperingatkan kita semua agar " Jangan padamkan Roh dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat. Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. " ( 1 Tes 5 : 19-21 ).

Yang pasti waktunya sudah sangat singkat, siapkan dirimu saat ini juga ... banyak berdoa, baca Firman, bersekutu dan bersaksi baik dalam pekerjaan, sekolah dan dimana pun engkau bertugas.