BAB 12
7 HARI RAYA ISRAEL


Perihal 7 masa Hari Raya orang Israel, kita dapat belajar satu rahasia di dalamnya, kita dapat mempelajari hal tersebut di dalam Imamat 23:1-44.

Ketujuh masa Hari Raya Israel melukiskan persiapan untuk seluruh karya penyelamatan Allah dengan Kedatangan Tuhan Yesus Kristus termasuk kedatanganNya yang kedua kalinya. Hari raya ini masih terus dirayakan oleh bangsa Israel sesuai dengan perintah Tuhan sampai pada saat ini di tanah mereka. Ada 7 Hari Raya yang tercacat dalam Imamat 23:1-44.

1. Hari Raya Paskah ( Im 23:5 )
Pada Hari Raya Paskah, orang Israel mempersembahkan korban seekor anak domba ( Kel 23:14-17 ). Hal ini melambangkan Korban Anak Domba Allah, yaitu Yesus diatas kayu salib. Penyaliban Tuhan Yesus tepat pada waktu orang Israel mempersembahkan Paskah bagi Tuhan.

2. Hari Raya Roti Tidak Beragi ( Im 23:6 )
Hari Raya ini melambangkan Injil Tuhan Yesus yang Kudus yang berpusat pada kasih karunia dan membebaskan kita dari segala Hukum Taurat karena Anak Domba Paskah telah tersembelih bagi kita. Tuhan Yesus menyerukan agar kita jangan kena ragi yang merusak kemurnian FirmanNya ( Mat 16:6,11 ; Luk 12:1 ; 1 Kor 5:6,7,8 ; Gal 9 ).

3. Hari Raya Buah Bungaran ( Im 23:10 ; Kel 23:16 ).
Melambangkan Kebangkitan Tuhan Yesus yang pertama dari antara orang mati. Yesus menggenapi Hari Raya Buah Bungaran dimana Dia sendiri disebut dalam Kis 26:23 sebagai yang pertama yang bangkit dari antara orang mati. Dan memang benar kebangkitanNya terjadi pada saat orang Israel merayakan Hari Raya Buah Bungaran.

4. Hari Raya Pentakosta ( Im 23:15 )
Melambangkan turunnya Roh Kudus yang terjadi 50 hari setelah Hari Raya Buah Bungaran.

5. Hari Raya Bunyi Sangkakala ( Im 23:24 )
Bunyi sangkakala adalah melambangkan hari kedatangan Tuhan yang kedua kali di awan-awan. Pada saat sangkakala dibunyikan, orang-orang kudus yang mati di dalam Yesus akan dibangkitkan dan yang masih hidup akan diubah dalam sekejab mata pada sangkakala terakhir ( 1 Kor 15:51 ).

6. Hari Raya Pendamaian ( Im 23:27 )
Melambangkan orang Israel yang bertobat dan menerima penebusan karena kasih karunia Yesus dan orang Israel menerima Yesus sebagai Mesias mereka. Hari Raya ini kan digenapi pada saat nanti Tuhan Yesus turun ke dunia dan pada saat itu orang Yahudi menerima Dia sebagai Mesias yang akan memerintah ( Zak 12:10-12 ; 13:1 ).

7. Hari Raya Pondok Daun ( Im 23:24 )
Hari raya ini melambangkan Kerajaan 1000 tahun dimana Tuhan yesus sendiri akan memerintah sebagai Raja segala raja di bumi ini, pada saat Ia mendirikan kerajaanNya di bumi ( Wahyu 20:16 ), nubuat dari nabi Zakharia akan digenapi dimana semua orang dari segala bangsa akan datang ke Yerusalem dan akan datang tahun demi tahun untuk menyembah Yesus Kristus Raja segala raja dan untuk merayakan Hari Raya Pondok Daun ( Zak 14:16-19 ).

Dari ketujuh Hari Raya orang Israel, ada 4 Hari Raya yang secara rohani telah digenapi. Hari Raya yang pertama sampai yang ke empat melambangkan tentang Kedatangan Tuhan Yesus yang pertama kali dan pasti terjadi Tuhan yesus sendiri akan menggenapi semua Hari Raya orang Israel pada saat Ia datang kembali ke dalam dunia ini.

Peristiwa yang mengikuti :

Dalam sejarah ada beberapa peristiwa yang terjadi yang bertepatan dengan 7 Hari Raya Israel ( Imamat 23:1-44 ).

Akankah peristiwa ini terulang kembali pada Akhir Zaman ini ?

Kita mengetahui bahwa tanda Akhir Zaman yang paling jelas adalah kembalinya bangsa Israel ke tanah Palestina dan sejak berdirinya negara Yahudi itu, Exodus bangsa ini dari seluruh penjuru dunia terus mengalir sampai pada saat ini.
Jelas inilah Akhir Zaman dan Tuhan Yesus berkata bahwa inilah Generasi Terakhir dari Zaman ini dan Generasi ini tidak akan berlalu lagi ... ( Mat 24:34 ).

Generasi yang hidup dan melihat bangsa Israel menjadi satu negara kembali pasti akan melihat Kedatangan Tuhan Yesus yang Kedua kali ( tahun 2018 ).